Beranda » Uncategorized » Yang Harus Diketahui Masjid Nabawi Ketika Umroh

Yang Harus Diketahui Di Masjid Nabawi Ketika Ibadah Umroh

Yang Harus Diketahui Masjid Nabawi Ketika Umroh – Assalamualaikum Wr.Wb, pada kesempatan pembasahan kali ini, kami akan memaparkan sebelah 10 point yang harus anda ketahui  seputar area Masjid Nabawi di Kota Madinah, Bahwa masjid nabawi adalah lokasi terpenting lainnya selain dari masjidil haram di kota makkah ketika anda melaksanakan ibadah umroh ataupun ibadah haji, semoga pemaparan ini bisa menjadi media infirmasi yang berguna ketika anda sekalian beribadah umroh dan berkunjung ke masjid nabawi di kota madinah, baca sampai selesai ya, terima kasih :

Pertama 1, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Adalah tentang pahala jadi ketika anda beribadah di Masjid Nabawi, ganjaran pahala nya sesuai hadist adalah seribu kali lipat jadi, jika anda sholat atau anda berdzikir di dalam masjid nabawi itu pahalanya seribu kali lipat lebih banyak dibandingkan masjid lainnya, masyaallah luar biasa bukan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari no. 1190 dan Muslim no. 1394, dari Abu Hurairah)

Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173)

Ke Dua 2, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Roudhoh, jadi di dalam masjid nabawi itu ada yang namanya roudhoh, roudhoh itu tempat istimewa yang mustajabah ketika anda beribadah di tempat tersebut insyaallah doanya akan mudah sekali untuk diijabah, dan posisi roudhoh itu ada di antara makam Rasulullah Nabi Besar Muhammad SAW dan mimbar Rasulullah Nabi Besar Muhammad SAW, bahwa di roudhoh adalah tempat yang sangat difavoritkan di dalam masjid nabawi tersebut karena memang mustajabah tempatnya.

Ke Tiga 3, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Air zam zam, jadi perlu diketahui dan dicatat agar tidak salah keliru bahwa di area masjid nabawi air zam zam itu hanya ada di dalam masjid nabawi, tidak seperti di masjidil haram makkah yang di sekitar masjidnya juga ada air zam zam, tapi jika di masjid nabawi itu hanya ada di dalam masjid nabawi dan yang di luar masjid nabawi pun ada menyediakan air minum namun air tersebut bukan air zam zam, jadi di dalam masjid nabawi sudah tersedia tempat air zam zam untuk para jamaah bisa meminumnya secara gratis dan ada dua 2 jenis air zam zam yang airnya dingin dan air yang biasa, dan bila anda ingin meminumnya anda bisa melihat tanda tulisan yang ada tempat minum dimana air zam yang dingin dan mana air zam  zam yang biasa (tulisan not cold), jadi bilamana anda ingin meminum air zam zam pastikan anda meminum air yang di dalam masjid nabawi karna air itu memang air zam zam yang asli, sedangkan yang dil uar masjid nabawi itu bukan air zam zam alias air minum biasa.

Ke Empat 4, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Bahwa di dalam masjid nabawi itu sudah di sediakan banyak sekali mushaf al quran, yang ada diediakan untuk di baca di setiap tiyang masjid nabawi itu, biasanya sudah tersedia alquran cetakan madinah.

Ke Lima 5, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Di dalam masjid nabawi biasanya ada prosesi sholat jenazah yang diadakan hampir setiap ba’da sholat fardu berjamaah, jadi anda jangan merasa kaget jika anda di dalam masjid setelah melakukan sholat fardhu berjamaah, adn akan melihat akan diadakan solat kembali saat itu dinamakan solat jenazah.

Ke Enam 6, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Perlu diketahui di area masjid nabawi sebenarnya sudah tersedia tempat untuk menaruh sandal hanya saja saran kami adalah sandal anda ibu baiknya di bawa saja dan anda bisa masukkan kedalam tas anda, karena di khawatirkan anda bisas saja lupa menaruh nya dimana dan bisa saja sandal tertukar dengan sandal milik jamaah lainnya.

Ke Tujuh 7, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Untuk area toilet bahwa semua bangunan toilet itu berada di luar area masjid nabawi, dan anda bisa melihat bangunan toliet bertuliskan mans toilet bagi pria dan womens toilet bagi wanita, untuk ruangan bangunan toilet di area masjid nabawi ada banyak sekali dan anda jangan khawatir jika ramai atau penuh jammah umroh pengunjung, untuk tempat berwudhu posisinya tepat di samping bangunan toilet tersebut dan keran airnya sangat banyak dan tempat nya luas sekali.

Ke Delapan 8, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Ketika and akan memasuki Area masjid nabawi, ada sekitar empat puluh 40 pintu gerbang, dan masing masing gerbang tersebut terbagi dari beberapa pintu gerbang di pintu gerbang tersebut terdapat nomor urut gerbangnya, adi  bila di jumlahkan bisa ada sekitar seratus 100 lebih pintu gerbang di area masuk masjid nabawi, agar anda sekalian tidak tersesat ketika anda ingin masuk area masjid nabawi anda harus hafal hafali lewat gerbang pintu mana anda pada masuk ke area masjid nabawi, karena biasanya para jamaah jamaah yang baru pertama kali beribadah umroh dan mengunjungi memasuki area masjid nabawi biasanya akan tersesat, karena mereka lupa awal masuk nya mereka masuk pintu gerbang yang mana, perlu diketahui bahwa pintu utama atau gerbang utama area masjid nabawi ibu gerbang yang ber’nomor dua puluh lima 25.

Ke Sembilan 9, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Di area masjid nabawi yang terkenal selain roudhoh adalah area payung nabawi payung, adalah payung besar yang menutupi salah satu area sekitar masjid nabawi tersebut , biasanya payung itu ter tutup ketika mendekati waktu sholat maghrib atau di ujung sore hari menjelang waktu malam hari, kemudian di buka kembali ketika menjelang sholat subuh atau menjelang waktu pagi hari.

Ke Sepuluh 10, Ketika Umroh Berkunjung Ke Masjid Nabawi Madinah

Perlu anda ketahui terakhir adalah team askar, askar adalah team pengaman di area masjid nabawi i yang tugasnya adalah bilamana ada jamaah jamaah atau pengunjung yang sekiranya tidak mengikuti aturan aturan yang diterapkan oleh team askar atau manajement masjid nabawi, team askar lah yang akan menindak nya.

Baca Juga : Kisah Jamaah Bisa Mencium Hajar Aswad Ketika Umroh 

Ditulis oleh

Umroh Cirebon, Travel Umroh Cirebon, Paket Umroh Cirebon, Biaya Umroh Cirebon, Biro Perjalanan Umroh Cirebon, Tour Travel Umroh Cirebon

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!